Tuesday, September 10, 2013

JusT to RememBeR paRt 2

Di postingan kali ini, gue bakalan ceritain, gimana sesuatunya jam kerja kita yang kerja di jasa transportasi pas arus mudik dan arus balik. Saat semua orang sibuk mempersiapkan ini itu buat Lebaran, kita? mikirin ntar buka pake apa aja ga sempet. Apalagi H-7 sampai H+7. Boro2 deh pergi2 ke tempat sodara2, silaturahmi sama tetangga aja engga kok. Hari H aja, abis shalat Ied, gue malah nyungsep sampe lutut gue berdarah2, dan beberapa hari gue susah jalan, susah shalat, dan semua itu gara2 gue ngantuk, dalam keadaan sadar sesadar-sadarnya aja gue selebornya ga ketulungan kok, apalagi dalam keadaan ngantuk. Bisa dibayangkan kan?
Sebenernya, semua pekerjaan itu menyenangkan asal kita emang bener2 menikmatinya, ga peduli betapapun kerasnya pekerjaan itu, trus, team kerja juga pengaruhnya luar biasa. Walopun kadang kita suka saling bentak2an, saling ngedumel, tapi justru semua itu yang bakalan buat kita ketawa lagi kalo inget. Dan semakin berat pekerjaan kita, mungkin semakin mendewasakan kita.
Mulai H-7 kita uda mulai riweuh ngurus armada puter balikan. Bingung kan maksudnya? Gue jelasin. H- itu berarti saatnya arus mudik, orang2 yang emang kerja di kota2 besar kek Jakarta, Bandung, dan sekitarnya mulai pada balik ke tempat asalnya. Jawa Tengah. Mulai dari Pekalongan, Tegal, Semarang, Kudus sampai Cepu. Berbeda dari arah Barat, dari arah Timur ( Kudus dsb ) penumpang justru sepi karena jarang kan ya mo Lebaran kok pada ke kota, kecuali emang aslinya sono, dan kebetulan kerja disini. Makanya, semua armada kita alihin kesana. Jadi jadwal keberangkatan dari sini bener2 kita minimalisir. Gue kan pegang Bandung, Bogor, Cimone, Cikarang, Bekasi, Karawang, jadi sebisa mungkin, tujuan yang bisa digabung, gue gabung, contohnya, Bogor sama Cikarang, Bekasi sama Karawang, atau Cimone sama Cikarang, Bogor sama Bekasi. Intinya disesuaikan sama kondisi penumpangnya lah. Jadi, armada kita berangkatin ke arah barat tanpa penumpang, alias ngosong. Armada yang dari barat, begitu sampai garasi disini, biasanya subuh, langsung kita balikin ke barat lagi, tentu aja setelah di bersiin, diganti selimutnya. Dan itu berarti dari subuh kita2 uda stand by disini bareng tukang cuci.
Kondisi jalan juga bener2 sesuatu kalo pas Lebaran, perbaikan di sana-sini yang mungkin prediksinya Lebaran jadi ternyata engga, malah memperparah kemacetan. Dan itu berarti kita2 yang disini mesti muter otak buat ngatur armada yang menurut rencana kita harusnya mau dipake buat puter balikan malah kejebak macet. Macet kemaren sama parahnya kek macet2 taun2 yang lalu. Bayangin aja, kondisi crew uda yang cape, armada yang belom diservice, aduh, ribet deh pokoknya. Apalagi kalo pas kejebak macet dalam keadaan bawa penumpang. Hiyaaaaa, semapot aja. Telpon berdering2 dari penumpang yang pada komplen. Dan itu gara2 macet. Sumpah demi apa, emang gue mao armada gue pada kejebak macet? Gue tau mereka mungkin ngejar waktu, tapi kondisinya kek begitu mau gimana lagi selain menikmati kemacetan yang ada. Masa iya, armadanya gue kasih sayap biar bisa terbang? Heran gue, komplen kok gara macet. Crew kita juga uda sebisa mungkin nyariin jalan alternatif masuk ke kampung2 bahkan, biar seenganya penumpang kita ga terlalu lama kena macet. Kita juga yang disini mata mantengin terus GPS, sampe mana sampe mananya. Crew juga terus2an kita kontek. Sampe mereka bosen sama suara gue yang nanyain sampe mana muluuu. Hohoo.. Daripada marah2 ga jelas gara2 sesuatu yang emang menjadi rutinitas tiap Lebaran, mending nikmati aja macetnya. Uda cape di jalan, ketambahan marah2 ga jelas, menguras tenaga kan jadinya. Saran gue, mending tidur aja, kalo bosen, keluarlah dari armada jangan lupa naek lagi tapi, liatin tuh mobil2 ato armada laen yang sama2 kena macet, ajakin ngobrol crewnya, biar ga suntuk, foto2 narsis, cekiprotin di situs jejaring sosial. Itu cara gue ngatasin macet. Laper? Pasti. Persediaan abis? Bener. Kalo gue, yaudah, anggep aja puasa. Toh kita ga bakalan mati gara2 ga makan seharian. Kecuali kalo yang punya penyakit, laen lagi ceritanya, tenang aja, banyak kok yang jualan di titik2 rawan kemacetan. Walopun harga kopi segelas plastik jadi 20 rebu, anggep aja berarti yang beli uda ngasih rejeki buat mereka berlebaran.^^
Setiap satu armada, terdiri dari 2 driver, dan 1 co-driver. Seenganya buat gantian lah kalo driver yang satu cape, driver satunya bisa gantiin. Dan tugasnya co-driver, ngecekin armada, uda siap jalan apa engga, atau kalo misal di jalan ada trouble, co-driverlah yang bertanggung jawab. Montir juga selalu stand-by hapenya kalo2 ada co-driver yang butuh bantuan akibat penyakit yang di derita armada pas dijalan ga ketemu2. Boss juga berperan penting dalam hal ini, kalo dikira jadi boss itu enak, Anda salah besar. Boss juga ikutan mantau gimana armada2 di jalan, dan itu ga cuma satu, semua armada, baik AC ekonomi, patas, eksekutif, super eksekutif. Bisa kebayang kan berapa jumlahnya. Semua emang uda ada bagian2nnya yang ngurus, cuma bukankah sebagai boss yang baik adalah boss yang mengerti semua kondisi bawahannya. Dan boss gue keren abis, beliau percaya penuh sama kita2 yang masih belia lalalaa.. Kita dibiarin kerja dengan cara kita, dalam arti disini yang penting semua berjalan dengan lancar. Dan kalaupun kita minta pendapat sama beliau, beliau juga ngasih jawaban yang selalu membuat kita tenang, berbesar hati, dan percaya diri kalo kita pasti bisa walaupun kadang kesalahan juga ga luput dari kerja kita.
Arus mudik selesai, bukan berarti kita bisa santay bala2. Justru perjuangan kita mesti lebih keras lagi pas arus balik. Karena apa? Penumpang melimpah dari arah sini menuju barat. Bisa kebayang kan kalo satu armada terlambat dateng, penumpang searmada ngamuk bareng2, mending kalo satu, kalo sepuluh? nah loh. Kaliin aja. Untungnya semua itu bisa diminimalisir karena emang ada armada back-up yang stand by. Kalopun ga ada, diambilin dari armada puter balikan yang engga terjadwal. Dan itu gue makasih banget sama bunda Tari yang selalu bantuin kita kalo pengaturan armada yang kita buat meleset. Secara beliau kan uda berpengalaman banget kan dibidang ini. Hoho..

Hahahhaa pasti pada semapot ya gara2nya ngeliatin photo gue. Ihiiir, dikiranya photo2 bus ye. Hahhaha.. Itu photo2 gue pas eksis di kantor, dari pagi2 buta, sampe malem2. Sempet ye ciin. Ya iyalah, gue gitu loh, dalam kondisi apapun, narsis tetep numero uno. Ihiiir.^^

2 comments:

  1. wuiiih baru tau ternyata ada 3 sopir siap stand by di tiap bus nya. bagus euy. Kalo yg perjalanan panjang, bis nya ada toliet ngga? Ane pernah trauma naik bis dari bandung-jogja krn ngga ada toiletnya. Itu menderita bgt. Ane ngga mau lagi naek bis yg ngga ada toiletnya kalo perjalanan panjang hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf frey, 2 sopir benernya, co-driver disini maksudnya kernet. cuma kadang juga bisa siy co-driver jadi driver, dalam keadaan darurat.^^
      kalo perjalan jarak jauh mah ada frey. kek ke jakarta, bandung, dan sekitarnya. ke surabaya malang juga ada. hoho..

      Delete